Menghasilkan foto berkualitas dengan kamera smartphone !!!

Hallo semua !!!!!

Sebelumnnya kita sudah berkenalan dan membahas alasan kembalinya aku aktiv menulis blog setelah sekian lama hiatus. Kali ini yang ingin aku bahas adalah tentang salah satu hobby aku yaitu fotografi, hobby yang satu ini sebenarnya sudah cukup lama aku gemari. 

Walau kebanyakan dari foto hasil jepretan ku diambil menggunakan handphone milik ku jadi aku masih tergolong amatiran, aku sebenarnya gak terlalu pede menulis hal ini diblog ku karena hanya menggunakan Hp tapi karena teman-teman dan orang-orang terdekatku menilai foto-foto hasil jepretan ku bagus jadi aku memberanikan diri menulis dan mengsharenya disini.

Kebanyakan malahan dapat dikatakan semua foto ku semua bertema alam seperti pantai, lautan, dan gunung karena menurutku hal itu lebih menarik dan cantik di pandang mata. Baiklah ini beberapa foto yang aku ambil di setiap kesempatan saat sedang bepergian di daerahku dan disetiap foto memiliki cerita dan momennya sendiri :

1. Pulau Maitara dan pelabuhan speed boat rum dikala senja



Ini adalah foto pertama aku dalam memotret pemandangan yang ada dihadapan ku, foto ini sebagai awal aku belajar mengambil gambar dan mengatur sudut, pencahayaan dan momen yang terbaik yang ada saat itu dan foto ini sendiri aku ambil dari atas kapal ferry saat sedang jalan-jalan, walau menurut ku sendiri foto ini masih sangat banyak kekurangannya.

2. Pulau Maitara dan pelabuhan speed boat rum dikala pagi



Untuk foto yang ini aku sengaja mengambil dengan sudut yang sama hanya saja pada waktu yang berbeda, yang mana pada sebelumnya aku mengambil foto pada saat senja di atas kapal Ferry namun kali ini pada saat pagi hari, jujur aku lebih suka pada foto yang ini dari pada sebelumnya karena menurutku sudut pengambilan gambarnya lebih baik dan pencahayaannya mendukung *analisis fotografer amatir hahahaha.....

3. Gunung Gamalama



Untuk foto yang ke tiga ini masih ditempat yang sama di atas kapal ferry hanya saja dengan pemandangan yang berbeda, aku memilih mengambil pemandangan gunung gamalama dan pelabuhan asdp ferry di kota ternate saat siang hari menggunakan kamera handphone ku sambil menunggu kapalnya berangkat.

4. Pantai Cobo



Foto ini menjadi salah satu foto favorit pilihanku sendiri *hahahaha narsis.... alasannya karena suasana dan pemandangan yang ditampilkan, foto ini diambil secara tidak sengaja olehku, memang awalnya aku berniat mengambil gambar pantai ini tapi dalam sudut yang berbeda hanya saja karena aku memotret dari dalam mobil yang sedang berjalan yah... beginilah hasilnya tanpa tak terduga namun enak dipandang mata.

5. Sunrise di puncak bogor


Foto yang satu ini dirasa cukup special karena diambil dari puncak bogor saat mata hari terbit.

6. Hamparan padi di Cianjur


Foto ini diambil saat aku dalam perjalanan pulang dari Taman Bunga Nusantara di Cianjur, Jawa Barat, aku tertarik mengambil gambar hamparan padi di pinggiran jalan karena terlihat sangat indah dan damai seperti pedesaan.

7. Sunrise di antara ternate dan tidore


Foto ini diambil dari atas kapal ferry saat pagi hari dimana waktu mata hari terbit atau bahasa gaulnya sunrise, aku bersyukur karena aku dapat mengambil gambar yang menurutku jarang aku temui saat naik kapal ferry untuk menyebrang antara Tidore dan Ternate.

8. Sore hari di tanjung tongowai


Kalau foto yang satu ini aku mengambilnya saat sore hari saat dalam perjalanan pulang dari kelurahan gurabati kampung ibuku. Dimana saat itu aku dan keluarga berhenti untuk mengisi bahan bakar, jadi aku memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil beberapa gambar yang menarik, salah satunya ini karena dengan suasana sore hari terlihat damai dan agak gelap walau begitu terlihat anak-anak setempat yang masih bermain air dengan riang.

9. Senja di pantai tongolo


Foto ini diambil dari atas mobil yang berjalan, aku rasa memang aku selalu beruntung dalam mengambil gambar dari beberapa kesempatan saat memotret dari atas mobil yang berjalan. suasana dalam foto ini saat senja atau sore hari di pantai tongolo, tidore selatan.

10. Sunset di patai tongolo


Kembali foto ini juga diambil dari atas mobil yang berjalan, foto ini diambil di tempat yang sama dengan foto yang sebelumnya hanya saja dengan sudut dan momen yang berbeda, suasana dalam foto ini saat senja atau sore hari namun bedanya foto ini menampilkan latar matahari tenggelam atau sunset di pantai tongolo, tidore selatan.

11. Sunset di pantai dokiri


Kembali lagi foto ini juga diambil dari atas mobil yang berjalan saat sedang dalam perjalanan ke kelurahan toloa salah satu kelurahan di Kota Tidore, suasana dalam foto ini saat senja atau sore hari yang menampilkan latar matahari tenggelam atau sunset di pantai kelurahan dokiri, tidore selatan yang merupakan tempat asal papaku.


Sebenarnya inti dari tulisan ini bukanlah dimana aku ngeshare atau memamerkan foto-foto hasil jepretanku tapi lebih pada ngeshare tentang dalam menghasilkan foto yang bagus (menurut aku dan teman ku *hahahaha...) kita bisa kok gak perlu pake kamera yang harga mahal !!! gini sekarang kan udah tahun 2015 dan zaman sudah sangat modern dimana teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat maju, contoh handphone sudah banyak yang menawarkan spesifikasi yang menarik terutama kamera ada yang 13 megapixel bahkan sampai yang paling anyar milik fendor Sony Experia Z5 yang mempunyai kamera 24 megapixel yang sudah dapat sebanding dengan kamera digital bahkan lebih besar pixelnya dari kamera digital yang hanya mempunyai kamera 16 megapixel.

Jadi intinya walau kamera handphone yang kamu miliki tidak mempunyai pixel yang sebesar kamera digital seperti Canon dan Nikon tapi jika kamu dapat memahami dan memanfaatkan spesifikasi dari handphone yang kamu miliki dengan sangat baik maka kamu dapat menggunakan kamera handphone kamu layaknya kamera digital yang biasa dipakai oleh fotographer handal.

Bahkan dari semua foto-foto yang ada diatas semua aku ambil menggunakan handphone, aku mengambil semua gambar diatas dengan handphone Samsung Galaxy Series yaitu tipe Galaxy E7 yang mempunyai spesifikasi kamera depan 8 megapixel dan kamera utamanya sendiri 13 megapixel dan mempunyai beberapa fitur mode foto yang ditambahkan seperti beauty face khusus bagi yang ingin tampil cantik, shot and more untuk momotret benda atau model yang berjalan atau bergerak, rear-cam selfie untuk yang hobi selfie, panorama untuk yang ingin mengambil gambar panorama dengan cara keseluruhan atau memanjang, continuous shot yaitu memotret berkelanjutan, HDR (Rich Tone) bagi yang ingin memotret ala fotografer handal dapat memakai mode ini karena akan menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas pro, night untuk  mode fofo malam hari, dan animed gif untuk gambar bergerak, semua itu tergantung apa yang kita pilih dan apa yang kita butuhkan untuk aku pribadi mode yang sering aku gunakan adalah auto, panorama, dan HDR untul memotret pemandangan alam sekitar.

Aku sangat puas menggunakan Galaxy E7 karena dengan kamera 13 megapixel kamu bisa menghasilkan foto yang berkelas dan jernih setara dengan kamera digital yang umumnya mempunyai kamera 16 megapixel, asalkan kamu memahami dan memanfaatkannya dengan baik bukan hanya menggunakan untuk sefie saja tapi untuk mengabadikan setiap momen dan setiap keindahan alam yang disajikan tuhan.

*Sekian somoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua 😊





Komentar